Isi Oli Motor Baru Sesuai Kapasitasnya

PERHATIKAN KAPASITASNYA

Motor - motor baru seperti Yamaha R25, Honda Sonic 150, Suzuki Young Star, memiliki kapasitas oli mesin yang berbeda dari biasanya. Umumnya motor sport memiliki kapasitas oli 1 liter dan bebek 0,8 liter. Tetapi pada R25, Sonic 150 dan Young Star berbeda.

Dari perbedaan kapasitas oli mesin ini jadi perhatian pada para pemilik motor. Intinya pengisian oli mesin motor harus sesuai dengan kapasitasnya. Paling gampang untuk mengetahui kapasitas oli motor ini dekat lubang pemasukan oli mesin. Disitu biasanya ada kapasitas oli mesin.

Yamaha R25 memiliki volume mesin sebesar 1,8 liter, hal ini berbeda dengan motorsport Yamaha lainnya. Sedangkan kapasitas oli mesin Honda Sonic sebesar 1,1 liter. Beda lagi dengan motor bebek Suzuki Young Star yang mempunyai kapasitas oli mesin kurang dari motor bebek lainnya yaitu 0,8 liter, Young Star hanya memiliki kapasitas oli mesin 650 mililiter.

Maka dari itu isilah oli mesin sesuai kapasitasnya. Jangan lebih maupun kurang. Sebab jika lebih bisa membuat kerja mesin akan berat dan performanya tidak maksimal. Begitu juga jika kurang, bisa membuat proses pelumasan tidak maksimal.

Masalahnya dipasaran, oli mesin umumnya tersedai dalam 2 kemasan. Kemasan isi 800 mililiter yang bianya untuk motor bebek dan matic. Ada kemasan isi 1 liter yang kebanyakan untuk motorsport. Jadi, buat motorsport dengan kapasitas oli mesin lebih dari 1 liter harus membeli 2 kemasan, kemudian diisikan sesuai kapasitas oli mesin, sisanya bisa disimpan untuk penggantian berikutnya. Demikian juga ketika oli mesin tidak sampai 0,8 liter, juga diisikan sesuai kebutuhan mesin. Sisanya bisa disimpan.



(Daftar Pustaka : Federal Oil Magazine, Page 25, 2015-2016)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Isi Oli Motor Baru Sesuai Kapasitasnya"

Posting Komentar