ZAT ADITIF PADA PELUMAS FEDERAL OIL

Di dalam pelumas selain base oil juga mengandung zat aditif. Aditif dalam oli ini ada beberapa macam dan memiliki berbagai kegunaan. Aditif berfungsi sebagai bahan tambahan untuk base oil sehingga menjadi pelumas yang mampu bekerja dengan baik dan memenuhi kebutuhan teknis yang diperlukan.

Berikut ini beberapa zat aditif yang ada dalam pelumas Federal Oil :

  • Anti Oksidan, berfungsi mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul pelumas. Hal ini yang membuat struktur pelumas tidak berubah.
  •  Detergent, berfungsi menjaga permukaan logam bebas kotoran.
  • Anti Korosi, merupakan aditif penting bagi pelumas yang berfungsi untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang dilumas. Adanya karat di mesin tentu membuat kinerja mekanis mesin akan terganggu.
  • Anti Wear, yang berfungsi meminimkan gesekan atau singgungan antar komponen mesin yang bekerja. Keausan bisa diminimkan. Zat aditif anti wear ini tersusun atas beberapa bahan yang diformulasikan sesuai kebutuhan mesin untuk menghindari gesekan.
  • Friction Modofier. Kinerja mesin yang mulus dan lancar sangat penting. Maka dari itu, pelumas harus bisa masuk ke sela-sela mesin yang kecil dan melumasinya dengan baik. Kehadiran aditif friction modifier untuk meningkatkan kelicinan film pelumas. Kandungan pour point despressant menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah.
  • Anti Foam. Busa atau buih pada pelumas haram terjadi. Penambahan zat aditif anti foam berfungsi mencegah terbentuknya busa pada pelumas. Jika sampai terdapat busa pada oli, maka komponen anti wear jadi tidak berfungsi.
  • Aditif Menjaga Viscositas. Kekentalan oli perlu terjaga agar maksimal dalam melumasi mesin. Untuk itu terdapat aditif yang menjaga viscositas (kekentalan oli) agar dapat tetap stabil bekerja dalam suhu rendah maupun ketika suhu tinggi.

Itulah beberapa macam zat aditif yang ditambahkan ke dalam pelumas Federal Oil. Yang tentu saja menambah manfaat dan kualitas pelumas Federal Oil sehingga pelumas Federal Oil bisa dijadikan referensi sebagai pelumas kendaraan bermotor anda.

Delta Teknik Belitang yang beralamat di Depan Masjid Jami' Desa Sumberjaya BK 23, atau depan Sekolah MTs Sumberjaya, merupakan salah satu toko/agen yang bekerja sama dengan distributor pelumas Federal Oil bagian Sumatera Selatan. Kami menjual secara grosir dan retail produk Federal Oil antara lain Oli Ultra Tec 0.8 L, Oli Ultra Tec 1 L, serta Federal Matic 0.8 L.


(Daftar Pustaka : Federal Oil Magazine, page 24, 2015-2016)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ZAT ADITIF PADA PELUMAS FEDERAL OIL"

Posting Komentar